Jumat, 10 April 2009

KOMUNITAS KEDIRI

Frateran Kediri; Jl. J.A. Suprapto 4 - Kediri.
Komunitas ini dengan pelindung St. Yohanes Berchmans, didirikan tanggal 24 Juli 1939. Para frater misionaris dari Belanda telah memulai suatu unit karya pelayanan untuk anak-anak di kota Kediri. Sekarang komunitas ini sebagai komunitas karya, dengan menangani dua unit sekolah yaitu: SDK Mardi Wiyata dan SMPK Frater - Kediri.

Ruang duduk untuk para frater; di halaman tengah biara.
Para frater di komunitas ini sekarang adalah: fr. Renatus [ kepala biara ], fr. Marsel, fr. Bonafentura, fr. Asterius, fr. Marianus [pensiun], fr. Paulus [pensiun].

Pendopo biara St. Yohanes Berchmans, Kediri; foto 2008

Para frater dari Malang, mengunjungi komunitas ini, dan sekarang hendak pulang. Ini adalah kendaraan milik Dewan Umum, yang akan membawah para frater pulang ke Malang. Perhatikan, ada frater komunitas ini sedang melepaspergikan tamu fraternya. Persudaraan adalah hal indah dalam kehidupan kami.


Selasar di tengah - penghubung unit-unit kamar.
Selasar ini diciptakan sedemikian, luas, nyaman, karena sebagai penghubung kamar-kamar. Apa lagi komunitas ini dihuni juga beberapa frater sepuh/pensiun. Mereka harus merasa nyaman di komunitas ini.



Unit Bangunan SMPK Frater yang baru; foto 2007
Sekolah ini sebenarnya memiliki bangunan arsitektur kolonial dipadu arsitektur lokal. Namun sekarang karena kekurangan ruangan, sekolah mendapat bantuan lokal baru dari pemerintah.
Ini adalah bangunan baru itu.

Halaman tengah sekolah; anak-anak pada jam istirahat, foto 2007
Halaman tengah dibuatkan dengan paving stone yang asri oleh Fr. renatus [ kepala sub perwakilan ]. Dana pembuatannya didapat dari seorang donatur dari Belanda, yaitu Fr. Erich, BHK. Dengan cara ini anak-anak bisa bermain dengan bebas dan nyaman.


Unit SDK Mardi Wiyata-Kediri; foto 2007
Perhatikan, sejak tahun 1939, bangunan ini dibangun oleh para frater orang dari Belanda, dengan arsitektur setempat, yang kompak dengan budayanya. Terlihat masih saja kokoh dan asri.

Pembangunan ruang Perpustakaan untuk SDK, foto 2008
Pembangunan ruang perpustakaan ini adalah sumbangan dana dari pemerintah setempat.


Lokal Perpustakaan baru; 2008

Anak-anak SDK Frater, saat menerima frater yang datang.
Anak-anak merasa senang dan berterimakasih kalau ada frater yang datang dan bincang-bincang dengan mereka. Enta apa yang dirasakan, tapi anak-anak sangat antusias.

Anak-anak pada saat istirahat dari jam sekolah.
Mereka merasa nyaman bermain di halaman sekolah yang bersih dan asri. Alangkah bahagianya mereka kalau mereka memiliki halaman sekolah yang luas dan bersih.

Selamat datang dan selamat pergi untuk Frater-Fraterku.
Perhatikan, anak-anak adalah tunas bangsa yang sehat, ceriah, dan menyenangkan. Masa depan keluarga dan masyarakat kita ada di tangan mereka. Berikanlah ilmu dan budipekerti yang baik, agar mereka tumbuh dengan baik pula.
Anak-anak kita di SDK Frateran Kediri.

Anak-anak dan Fr. M. Bonafentura; nyaman, jelas masa depan mereka.


Fr. M. Marianus, BHK .........pensiun.


Fr. Paulus, BHK..................pensiun


Fr. M. Melchiades, BHK......alm.


Ruang duduk; tenang dan nyaman.
Arsitektur bangunan ini terlihat sebagai bangunan lokal, bercirikhas, dan patut dipertahankan. Bangunan yang khas dan arif bijaksana.







2 komentar:

  1. Foto Fr. Paulus ...pensiun yg dimaksud apakah Fr. M Paulus Bataona ?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. aku dan ketiga kakakku jg bersekolah disini..bahkan bapakku juga.. SD yang penuh kenangan :)

    BalasHapus